IBX5980432E7F390 Setingan Lovebird Paud/ Balibu Rajin Ngekek Dirumah dan Lomba - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Setingan Lovebird Paud/ Balibu Rajin Ngekek Dirumah dan Lomba

LB paud ngekek panjangMelombakan burung lovebird yang masih muda bertujuan untuk mengetes apakah hasil tangkaran suatu farm mampu dikatakan elok atau prospek untuk gantangan, tetapi kita tidak boleh melombakan burung LB yang masih anakan terlalu sering! kenapa demikian karena dikuatirkan burung akan mengalami kalah mental bila kita terlalu memaksakan untuk melombakan burung tersebut.

Burung Lovebird yang masih paud mempunyai birahi yang belum stabil maka dari itu tujuan dari melombakan burung tersebut hanyalah untuk mengasah mental serta melihat abjad dari burung tersebut apakah mampu dijadikan gaco untuk bahan lomba atau hanya mampu dipakai untuk memaster burung ocehan dirumah.

Syarat yang harus dipenuhi dalam pemilihan bahan lovebird kekekan yaitu burung sudah kelihatan sifat fighter serta latahnya dan jangan lupa durasi ngekek yang panjang menjadi nilai plus dalam penilaian saat dilombakan. Maka dari itu kita akan membahas cara merawat anakan Lovebird agar ngekek panjang ketika digantangan.
Untuk melatih LB supaya mengeluarkan sifat fighternya silahkan dibaca pada artikel sebelumnya Cara Keluarkan Sifat Fighter Lovebird

Pemilihan bahan dari indukan trah jawara atau indukan ngekek panjang
Sangat jelas sekali faktor dari indukan jawara mampu diprediksikan 60 % akan besar lengan berkuasa lahirnya trah jawara dengan indukan ngekek panjang, Akan tetapi kita juga harus benar benar jeli menentukan dari mana asal permintaan dan sejarah indukan tersebut semoga kita tidak salah pilih. Memprediksikan kualitas genetik dari anakan trah jawara dapat kita lihat dari fisik maupun warna dan performa kedua indukan apakah sama dengan anakan yang kita ambil, Meski tidak 100 % akurat lantaran hanya mengandalkan sifat wujud setidaknya prediksi kita tidak ngawur.

Baca juga : Ciri fisik Lovebird calon ngekek panjang dan fighter

Melatih Mental serta  Rawatan Agar Dapat Ngekek Panjang
  1. Saat Love Bird berusia 1,5 bulan sampai dengan 2 bulan, akan mulai berguru bunyi walaupun masih aib-malu. Agar mental sang anak mampu setuju, setiap pagi dijemur dan Di Mandikan lalu diangkat dan diangin-anginkan di tempat yang ramai dengan suara berisik di sekitar seolah-olah bunyi teriakan atau suara mobil ataupun suara motor. Hal ini bertujuan semoga sang anak bermental baik dan tidak takut keramaian.
  2. Lakukan Ritual Mandi jemur setiap pagi mulai pukul 6 - 9, kawasankan LB di kandang umbaran umtuk melatih nafas serta stamina biar burung dapat ngekek lebih panjang.
  3. Love Bird anakan sebaiknya jangan sering-sering ditemukan dengan sesama Love Bird tetapi jika mendengar suara boleh saja, hal ini bertujuan supaya di ketika waktu bertemu sang anakan akan berani buka suara karena kesenangan bertemu koloninya yaitu sesama jenis burung lovebird.
  4. Burung bisa diperkenalkan semenjak dini terhadap suasana lapangan sehingga mampu mengetes mentalnya alasannya suasana di lapangan dan di rumah itu sangat berbeda. Hal ini sekaligus untuk mempercepat lovebird muda beradaptasi terhadap lingkungan atau suasana lomba.
  5. Pemberian pakan ekstra fooding untuk meningkatkan stamina dan menyetabilkan birahi. Biasanya kami hanya menggunakan Jagung Muda : untuk memperkeras bunyi pada ketika berlomba, Daun Bayam : untuk pemulihan tenaga sehabis berlomba, Daun Ginseng : untuk memperbaiki kesehatan ketika burung terlihat kurang sehat, Daun Binahong : untuk mengobati ketika burung sedang sakit, Pucuk Daun Mengkudu : untuk mengkristalkan bunyi supaya terdengar lebih nyaring. Kami hanya menggunakan Extra Fooding sesuai kebutuhan/ sewaktu-waktu diharapkan saja, jadi kami tidak memakai Extra Fooding setiap hari.
  6. Teknik pemasteran wajib kita lakukan demi menciptakan lovebird haban ngekek panjang kita bisa memakai audio Mp3 maupun burung lain dengan kualitas ngekek panjang. Teknik pemasteran yang baik jikalau memakai audio / Mp3 jangan keras keras, minimal volume sedang dan masih kedengaran
Setingan Menjelang Lomba (jika lomba diselenggarakan hari ahad)
  1. Perawatan mandi dan jemur hanya di mulai hari senin hingga hari kamis saja (Untuk kuliner milet putih untuk minuman air jernih)
  2. Hari kamis sore Love Bird mulai dikerodong hingga hari Minggu, namun tetap harus dicek pakan dan minum nya setiap pagi jangan hingga habis ataupun kotor. Makara mulai hari kamis sore lovebird tidak di jemur tidak di mandikan (pokoknya benar-benar lovebird di kerodong full, di karantina di simpan di kawasan sejuk di sendirikan di dalam kerodong hanya berteman bunyi masteran saja)
  3. Hari sabtu air minumnya kita campur dengan 1 tetes madu orisinil/secukupnya, namun untuk kuliner nya milet putih saja.
  4. Pada hari Minggu (hari dimana kita akan melatih lovebird anakan untuk mengenal suasana perlombaan). Pagi bersihkan kandang, sisa makan dan minum kemudian sehabis itu lanjut lovebird anakan mampu kita bawa ke lapangan/tempat ajaran.
  5. Usahakan pilih nomor gantangan yang berada dipinggir lantaran tahap ini kita hanya akan melihat aksara serta mental burung apakah sudah anggun apa belum.
Itulah settingan harian dan lomba khusus untuk LB Paud, mencetak LB paud memang ada kepuasan tersendiri daripada beli burung lomba yang sudah jadi maka dari itu nikmati prosesnya dan amati kekurangan ataupun kelebihan apa yang ada pada burung kita.

Settingan single fighter memang cocok dilakukan untuk LB Paud karena kondisi birahi yang belum stabil maka dari itu kita harus mampu memunculkan sifat fighternya dengan cara setting single tersebut.

Kunci utama dari keberhasilan settingan tunggal ini ialah konsisten dan pengenalan burung dengan arena lomba, maka kenalkan burung pada suasana lomba sejak dini agar burung tidak gampang drop dan demam panggung. Penakaran dan santunan EF sangat penting untuk naik atau turunkan birahi maka dari itu ketahui huruf burung dan jangan sering diubah-ubah settingannya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Setingan Lovebird Paud/ Balibu Rajin Ngekek Dirumah dan Lomba"

Posting Komentar