IBX5980432E7F390 Mengenal Lebih Dekat Burung Beo yang Pandai Berbicara - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Mengenal Lebih Dekat Burung Beo yang Pandai Berbicara

Burung Beo atau Tiong Mas (Gracula religiosa) merupakan burung yang sangat cerdas dalam menirukan banyak sekali bagai macam jenis bunyi. Beo mampu dengan praktis menggandakan bahasa insan, suara alat musik, suara klakson kendaraan maupun bunyi benda lainnya. Kepintaran burung beo dalam mengucapkan omongan insan juga dipengaruhi oleh faktor pelatihan pemasteran yang diberikan pemilik pada hewan cerdas berperawakan hitam legam ini.

Burung Beo

Burung beo akil balig cukup akal terutama yang sudah terlatih mampu dengan fasih mengucapkan "Assalamualaikum, Bapak ada tamu, selamat pagi" dan sebagainya. Oleh lantaran itu, sebagai pemilik sangat dianjurkan untuk melatihnya ketika usianya masih muda atau anakan. Dan sebisa mungkin pemilik sebaiknya menghindarkan burung pintar ini dari bunyi-suara yang tidak diinginkan (kata-kata jorok/kasar) karena  mampu saja ditirunya.

Tahukah anda? mengapa burung beo begitu pintar menirukan aneka macam macam jenis bunyi. Karena beo mempunyai syrinx yang mana bentuknya mempunyai kemiripan dengan tenggorokan manusia. Nah dengan adanya syrinx itulah membuat burung beo dibekali kemampuan mengolah vokal yang baik. Tak heran jika burung beo cukup umur sanggup meniru dan mengucapkan "Assalamualaikum, Bapak ada tamu, Tok-tok-tok" dengan praktisnya.

Lantaran keunikan dan keunggulan burung beo itulah, maka tak mengherankan bila banyak orang sangat menyukai burung cerdas berperawakan hitam ini sebagai binatang peliharaan favoritnya. Burung beo memang tidak biasa dilombakan seperti halnya burung kacer, lovebird, murai watu, dll. Namun Beo sangatlah ideal bila dijadikan sebagai binatang peliharaan sebagai penyambut tamu atau penjaga rumah.

Ciri-Ciri Burung Beo

  • Warna bulu secara umum dikuasai hitam dengan sedikit variasi putih di potongan sayap.
  • Posturnya terbilang besar yakni sekitar 30 cm. 
  • Paruhnya berwarna kuning dengan semburat oranye.
  • Kaki dan jemarinya berwarna kuning gading.
  • Di serpihan kepala mempunyai pial warna kuning.
  • Persebarannya meliputi pulau Jawa dan Sumatera.

Itulah beberapa karakteristik burung beo yang mana kemampuan menggandakankan majemuk suara sudah tak perlu diragukan lagi. Memang beo termasuk burung paling cerdas di dunia. Perlu anda tahu bantu-membantu ada satu jenis beo yang diyakini mempunya kemampuan lebih baik dari jenis beo jawa/biasa, dia ialah Burung Beo Nias (Gracula robusta). Secara penampilan posturnya lebih bongsor dari pada jenis lainnya.

Makanan Burung Beo 


Beo sangat doyan memakan buah-buahan segar yang berasa anggun, seakan-akan pisang, pepaya, apel, melon dan sebagainya. Selain buah beo juga sangat menyukai pakan berupa serangga seolah-olah jangkrik, belalang, kroto, ulat dan serangga lainnya. Jika anda merawat burung beo anda juga bisa menambahkan voer sebagai menu hariannya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Mengenal Lebih Dekat Burung Beo yang Pandai Berbicara"

Posting Komentar