IBX5980432E7F390 Rahasia Juara Tutorial Merawat Anakan Pleci Lolohan Yang Benar | Master Burung Petarung - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Rahasia Juara Tutorial Merawat Anakan Pleci Lolohan Yang Benar | Master Burung Petarung

Kicau-Burung.Com: Cara merawat anakan pleci lolohan -Memeliharan burung pleci sejak masih anakan memang merupakan sebuah tantangan yang mengasyikkan, karena kita bisa memberi makan dengan cara menyuapai atau meloloh burung pleci dengan tangan kita sendiri secara eksklusif. Memberikan minum dan mengelus-elus bulu lebutnya dengan penuh kasih sayang, sehingga ketika sudah besar nanti, burung bisa jinak (lulut) dengan kita, bahkan ketika lepas dari sangkar pun beliau tidak akan terbang jauh-jauh, justru ketika lapar biasanya akan mendekati kita untuk minta disuapi, itulah salah atu kelebihan dari lolohan pleci yang dirawat sepenuh hati.

Merawat anakan pleci memang butuh kesabaran dan ketelatenan, karena anda harus memberi makan secara rutin supaya jangan hingga kelaparan. Anda juga dihentikan meloloh pleci sampai kekenyangan, lantaran kedua hal tersebut dapat menyebabkan janjkematian. Jika anakan pleci hingga kelaparan bisa mati, dan kalau kekenyangan pun bisa mati juga. Makara dalam meloloh pleci harus benar-benar telaten dan hati-hati, jangan kelaparan dan jangan kekenyangan, tidak perlu terlalu banyak, sedikit-sedikit asal rutin, paling tidak 2 jam sekali diberi makan.

merawat anakan pleci lolohan
Sekarang ini sudah semakin sulit memperoleh anakan pleci yang baik, alasannya populasi burung pleci dihutan sudah semakin sedikit, dikarenakan perburuan liar secara massal. Itulah sebabnya kenapa sekarang ini harga anakan pleci menjadi mahal, tapi jika beruntung anda mungkin masih bisa menerima anakan pleci, baik itu dari kios penjual burung, group jual beli burung pleci online, ataupun dari tukang pencari burung pleci, tapi tentu dengan harga yang tidak mengecewakan mahal.
BACA JUGA: Cara memilih anakan pleci yang baik dan prosepekPakan yang dipakai untuk merawat lolohan pleci juga harus dibedakan dengan pakan pleci cukup umur, karena proses pencernaan anakan pleci tentu berbeda dengan pencernaan pleci cukup umur. Jika pleci akil balig cukup akal anda bisa menyampaikan pakan voer kering, untuk lolohan pleci harus memakai voer lembap, artinya voer harus diseduh dengan air terlebih dahulu, alasannya bila diberi voer kering, kemungkinan besar anakan pleci akan mati.

Cara merawat anakan pleci lolohan


Dalam merawat anakan pleci, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu dalam hal waktu pertolongan pakan, sajian pakan, dan penjemuran. Jika tiga hal tersebut anda lakukan dengan benar, prosentase keberhasilan akan sangat besar.

1. Waktu bantuan pakan

Seperti yang telah aku singgung diatas bahwa derma pakan anakan pleci harus rutin dan teratur, jangan sampai anakan pleci merasa kelaparan dan jangan sampai merasa terlalu kekenyangan. Kaprikornus cukup diberikan bertahap tapi teratur yaitu sekitar 2 jam sekali.

2. Menu pakan

Pakan yang diberikan untuk anakan pleci yang ideal yaitu memakai voer basah, bagian perut jangkrik, kroto, dan pisang. Cara penyajiannya yaitu sebagai berikut:

  • Campurkan voer dengan sedikit air, kemudian aduk-aduk sampai rata dan voer menjadi lunak.
  • Masukkan bagian perut jangkrik atau kroto dedalam adonan, lalu aduk-aduk kembali hingga rata.
  • Berikan campuran pakan tersebut dengan cara meloloh sedikit demi sedikit.
  • Lakukan variasi pakan setiap harinya, misalkan hari senin voer berair dan perut jangkrik, hari selasa voer berair dan kroto, hari rabu voer basah dan pisang.
  • Berikan minum dengan cara meneteskan pribadi keparuh anakan pleci, karena meskipun pakan yang digunakan sudah dicampur dengan air, tapi anakan pleci masih harus diberi minum untuk memperlancar pencernaan.
3. Proses penjemuran
Pola penjemuran anakan pleci jangan disamakan dengan penjemuran pleci dewasa. Jika pleci sampaumur bisa dijemur seharian dibawah sinar matahari, khusus untuk anakan pleci cukup dijemur dipagi hari maksimal 30 menit saja. Sebab jika terlalu usang dapat merusak bulu-bulu mudanya dan lebih parah lagi dapat menimbulkan akhir hidup.
Tips selanjutnya untuk merawat anakan pleci adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Usahakan untuk selalu membersihkan kandang setiap hari, alasannya ialah anakan pleci memiliki tingkat kekebalan tubuh yang masih rendah, sehingga masih sangat rawan terserang penyakit.
Itulah tips cara merawat anakan pleci lolohan yang benar yang dapat aku tuliskan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan menjadikan jawara pleci dikala cukup umur nanti, usahakn untuk menyampaikan full masteran 24 jam pada anakan pleci jantan milik anda.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Rahasia Juara Tutorial Merawat Anakan Pleci Lolohan Yang Benar | Master Burung Petarung"

Posting Komentar