IBX5980432E7F390 Cara perawatan lovebird yang datang - datang lumpuh - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Cara perawatan lovebird yang datang - datang lumpuh

Cara perawatan / menangani lovebird yang tiba - tiba lumpuh - Seringkali ditemui dari kalangan peternak maupun rekan - rekan kicau mania yang hobi dengan lomba burung di gantangan, adalah seringnya lovebird tiba - tiba lumpuh mendadak. Akibatnya kalau sudah begitu lovebird hanya bisa tergeletak didasar sangkar, yang menyebabkan dirinyapun susah untuk makan maupun minum. Keadaan ini bukanlah disebabkan dengan diserangnya badan lovebird oleh mikroba / basil. Sehingga penanganan dengan menyampaikan antibiotik bukanlah hal yang tepat.

Cara perawatan lovebird yang datang - tiba lumpuh

Lovebird yang datang - tiba menjadi lumpuh biasanya disebabkan kekurangan asupan mineral, khususnya yaitu kalsium. Lovebird yang kurang asupan salah satu mineral membuat badannya Drop. Sistem pencernaan dan metabolisme tubuh tidak akan bisa mengolah dengan baik tiap asupan vitamin dan kuliner lain yang masuk jika mineral dalam badan tidak terlengkapi dengan cukup. Dan pada kondisi Drop, lemas dan lemah tak berdaya maka muncul lah Anemia (kekurangan darah).

Jika rekan - rekan kicau mania menemui hal demikian maka segeralah mengambil tindakan semoga lovebird tidak makin parah atau menimbulkan janjkematian.

  • Hal pertama yang mampu dilakukan adalah dengan memberikan vitamin B12. Karenan tidak adanya preparat tunggal B12 maka rekan kicau mampu memberikan vitamin B complex atau multivitamin yang memiliki kandungan B12 banyak. 
  • Berikan juga asupan kuliner yang baik, meskipun dalam keadaan sistem metabolisme yang belum normal lovebird akan sulit untuk bertahan hidup.
  • Usahakan setiap sumbangan apapun yang masuk kedalam mulutnya, tidak dengan cara di pegang. Karena dengan memegang burung maka akan menyebabkan penggalan dadanya tertekan. Dalam keadaan yang drop burung yang dipegang akan tersentak dan lantaran tidak memiliki labirin maka burung yang di pegang mampu menimbulkan kematian. Meskipun akan sangat sulit memberikan asupan kedalam tubuhnya namun hal itu perlu diperhatikan untuk mengurangi resiko burung mati. Hal ini pernah di tullis oleh DrH. Jatmiko dari Yogyakarta, selaku dokter hewan.
Dan terakhir sebagai perhatian, kalau rekan kicau mania menemukan lovebird yang mengalami kondisi tanda - tanda lumpuh mendadak janganlah pribadi dipegang dengan tangan, lantaran akan mengakibatkan kekagetan pada lovebird yang akan menimbulkan akhir hidup pad lovebird. Usahakan semprot - semprot secara halus ( semprot embun ) kearah tubuh lovebird untuk penyegaran. Lovebird yang hanya kaget atau lumpuh sementara akan normal kembali secara perlahan, namun bila lovebird yang mengalami lumpuh yang parah maka lakukan tindakan lanjutan seakan-akan keterangan tadi.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara perawatan lovebird yang datang - datang lumpuh"

Posting Komentar