IBX5980432E7F390 Tips menentukan ciblek dan prenjak ombyokan prospek lomba, bunyi kencang dan rapat - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Tips menentukan ciblek dan prenjak ombyokan prospek lomba, bunyi kencang dan rapat

Burung prenjak dan ciblek masih menjadi burung masteran favorit bagi para kicaumania, tak jarang para kicau mania membeli ciblek bakalan atau ciblek muda hutan yang memiliki harga lebih murah daripada ciblek anakan. Selain harganya lebih murah kita mampu memilih burung mana yang kelihatannya prospek mempunyai suara yang rapat dan keras untuk dijadikan burung masteran ataupun lapangan.
Ciblek jantan prospek lomba
Ciblek Kebun Jantan
Jenis burung ciblek yang umum dijual dipasar yaitu ciblek kebun/ kali dengan suara nembak ngebrem, ciblek gunung/alas dengan suara nratak, ciblek sawah/ cici padi dengan suara klik klik yang panjang. Ketiga jenis ciblek tersebut anggun untuk dijadikan suara masteran lantaran bunyinya yang rapat dan simpel ditirukan oleh burung ocehan lain. Sedangkan djnis prenjak yang biasa dijual dipasar ada 2 yaitu prenjak kebun/tamu/kepala merah dan prenjak lumut.

Memilih burung ciblek dalam kandang ombyokan harus jeli lantaran tidak jarang banyak burung ombyokan yang mengalami syok dan juga sakit, beberapa tips untuk menentukan ciblek yang prospek untuk masteran ataupun lomba sebagai berikut.
  • Pastikan burung yang dipilih jantan, cara membedakan jantan dan betina ciblek cukup umur mampu dilihat dari warna paruh bawahnya. Untuk ciblek jantan paruh bawah berwarna hitam pekat sedangkan betina putih.
  • Pastikan burung dalam keadaan sehat, burung sehat dapat dilihat dari tingkah lakunya sebagai teladan burung masih aktif melompat, burung mencengkram pangkringan dengan rapat dan burung masih mau makan ulat.
  • Pilih burung berdasarkan katuranggan, ciri-ciri fisik ciblek yang mempunyai suara rapat dan kencang dapat dilihat dari bentuk paruhnya yang panjang dan tebal, kepala besar kotak serta leher panjang.
  • Pilih burung yang tidak cacat, perhatikan dengan teliti apakah ada luka ataupun cacat fisik pada burung teladannya jari kaki putus atau sayap yang tidak bisa menggepit rapat.
  • Pilih ciblek muda, burung muda lebih cepat untuk berkicau. Untuk memilih ciblek jantan yang masih muda perhatikan warna paruh bawahnya apakah warnanya masih separo yang hitam atau sudah full hitam pekat, perhatikan juga warna bola mata ciblek bau tanah memiliki warna mata yang merah sedangkan yang muda masih kuning cerah, kaki kering bersisik juga mengambarkan kalau ciblek sudah tua.
  • Pilih yang mempunyai mental elok, ciblek yang mempunyai mental elok akan melompat dengan damai saat dikandang ombyokan, burung tidak ngruji dan berani melawan ciblek jantan lain.
  • Pilih yang berani berkicau, pada dasarnya burung ciblek merupakan burung teritorial maka tidak jarang ada burung yang berani tarung/ mengeluarkan suara tembakan walaupun dalam kandang ombyokan lantaran ada burung sejenis.
Jika sudah menentuka pilihan sesuai dengan ciri-ciri diatas maka eksklusif semprot dengan air biar pilihan kita tidak tertukar dengan burung ombyokan yang lain. Rawatan harian semoga ciblek cepat gacor nembak ngebrem silahkan baca pada artikel sebelumnya DISINI.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Tips menentukan ciblek dan prenjak ombyokan prospek lomba, bunyi kencang dan rapat"

Posting Komentar