IBX5980432E7F390 Setelan Sebelum Lomba Kacer Tipe Panas - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Setelan Sebelum Lomba Kacer Tipe Panas

Perlu diingat kacer tipe panas merupakan kacer yang tidak kuat jemur maka penjemuran untuk hariannya cukup 30 - 60 menit saja, suhu tubuh burung kacer tipe panas cenderung tinggi sehingga burung cepat sekali emosi dan mudah untuk dibentuk gacor tetapi cepat juga bagong saat digantangkan. Maka dari itu kita akan membahas tentang cara seting kacer tipe panas sebelum digantang supaya tidak mudah bagong.
perawatan kacer tipe panas sebelum digantang
Untuk perawatan harian kacer tipe panas sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, maka dari itu artikel ini khusus untuk membahas perawatan kacer sebelum dibawa ke arena lomba.

Baca juga : Setingan Harian Kacer Tipe Panas
Kita asumsikan kalau lomba dilaksanakan pada hari ahad pagi, maka perawatan harian dilakukan hingga hari jumat. Untuk hari sabtu pagi burung dijemur sebentar sekitar 15 menit saja kemudian mandikan dalam keramba, sesudah dimandikan burung diangin-anginkan sambil dikasih jangkrik 5 ekor. Setelah dirasa bulu sudah kering maka kerodong burung agar mampu istirahat dan menyimpan energi. Sore hari kasih jangkrik 5 ekor lagi dan burung tidak usah dimandikan lagi.

Minggu pagi bersihkan kotoran burung dan berikan jangkrik 5 ekor, burung cukup diangin-anginkan, kalau burung didis seakan-akan minta mandi maka burung boleh dimandikan dikala itu juga tetapi kalau burung dalam kondisi siap maka saya sarankan burung dimandikan ditempat lomba yang akan dilaksanakan.

Fungsi mandi dikala diarena lomba untuk kacer tipe panas berkhasiat biar suhu badan stabil, terkadang kacer tipe ini cepat sekali kepanasan dan membuka mulutnya walaupun tidak dijemur, maka dari itu sebelum burung digantangkan perlu dimandikan untuk menyetabilkan emosi serta birahinya.

Pagi sebelum kita bawa ke tempat lomba tadi sudah kita berikan jangkrik 5 ekor ya, sekarang sesudah dimandikan diarena lomba kita akan memberikan jangkrik lagi 2 sampai 3 ekor saja supaya burung mempunyai stamina untuk berkicau.

Angin-anginkan burung ditempat yang teduh, jika burung berkicau ngobra ngotot maka mampu dikerodong lagi sampai burung dinaikkan untuk digantang.

Perlu diperhatikan beberapa tingkah laris kacer tipe panas ketika dilombakan supaya kita mampu mengetahui karakter burung tersebut. Sebagai pola berikut adalah beberapa gerak-gerik kacer tipe panas saat digantangkan supaya anda bisa lebih mudah untuk mencari setingannya.

  1. Kacer tipe panas anda suka mbagong maka mampu dipastikan burung kurang birahi, maka untuk perawatannya berikan EF lebih banyak.
  2. Saat diadu burung suka ngruji maka biasanya burung juga kurang birahi.
  3. Jika burung kanibal maka burung mengalami kepanasan. Mandikan sesering mungkin.
  4. Saat diadu burung ngepel didasar kandang maka burung OB.
  5. Burung hanya diam atau mental kurang itu disebabkan burung kurang birahi.
  6. Burung hanya ngeplong monoton maka kurang birahi.
  7. Kacer pembangkang suka naik turun tangkringan berarti burung kurang birahi.
  8. Kacer ngetem lama atau jeda  maka burung masih kurang birahi.
Memang biar burung kacer tipe panas mampu stabil dilapangan perlu untuk menyetel birahinya maka dari itu perawatan harian harus konsisten serta perawatan sebelum lomba juga harus diperhatikan. Kunci menaikkan birahi pada untuk kacer tipe panas bisa dengan memberikan EF pemanis seperti kroto dan jangkrik.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Setelan Sebelum Lomba Kacer Tipe Panas"

Posting Komentar