IBX5980432E7F390 Settingan Harian KACER TIPE PANAS - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Settingan Harian KACER TIPE PANAS

Dalam merawat burung fighter seperti kacer kita harus mampu melihat karakter burung tersebut lantaran beda huruf beda pula cara merawatnya, seakan-akan yang kita ketahui ada 2 tipe aksara kacer yaitu kacer tipe panas dan kacer tipe dingin.

Tentu kalian sudah tau perbedaan kacer tipe panas dan acuh taacuh lantaran pada artikel sebelumnya sudah kita bahas ihwal cara mengetahui kacer tipe panas atau masbodoh. Nah, sekarang kita akan membahas perihal cara merawat kacer tipe panas untuk harian dulu lantaran settingan harian juga sangat berpengaruh pada saat nanti burung dilombakan.
Settingan harian kacer tipe panas, setingan lomba kacer tipe panas
Perlu diingat lagi kacer tipe panas mempunyai sifat yang cepat emosi maka dari itu penjemuran tidak perlu lama-lama lantaran akan membuat burung over emosi dan bila suhu tubuh terlalu panas mampu menyebabkan kacer tipe panas menjadi kanibal/ciak bulu.

Selain cepat emosi burung kacer tipe panas juga sering bagong kalau kurang birahi maka dengan cara rutin dimandikan setiap hari mampu menaikkan birahi secara perlahan.

Dari dua patokan sifat diatas kita mampu menyimpulkan bagaimana rawatan kacer tipe panas yang benar supaya burung tidak mudah emosi dan tidak mudah bagong ketika ketemu lawan. Berikut sedikit ilustrasi ihwal cara seting kacer tipe panas.
  • Perawatan dimulai dari pagi hari ialah mulai memandikan burung dengan cara keramba atau disemprot.
  • Jemur burung jangan terlalu usang, cukup 15 - 30 menit saja. Biasanya saya mulai penjemuran burung pukul 8 pagi hingga pukul 8.30
  • Saat dijemur burung bisa juga dimasukkan dalam sangkar umbaran untuk melatih stamina dan pernafasan biar tidak praktis ngos-ngosan karena diketahui burung tipe panas ini ketika ketemu musuh eksklusif mengeluarkan isian secara ngotot jadi perlu latihan fisik yang lebih rutin semoga stamina tidak mudah kendor.
  • Setelah jemur berikan EF harian berupa jangkrik 3/5 ekor. Jika kacer anda kuat makan jangkrik hanya 3 ekor dipagi hari maka berikan settingan 3 ekor seterusnya tetapi kalau mampu lebih dari 3 ekor maka ukur sampai burung tidak mau makan jangkrik lagi.
  • EF Kroto mampu diberikan seminggu 2 kali saja. pola hari senin dan kamis 
  • Setelah derma EF burung mampu diangin-anginkan sambil kita dengarkan kicauannya.
  • Kerodong burung semoga burung mampu istirahat lebih lama karena kalau tidak dikerodong biasanya burung akan ngoceh terus yang mengakibatkan kelelahan saat digantangkan nanti.
  • Sore hari buka krodong dan angin-anginkan burung sambil kita beri EF jangkrik 3/5 ekor sesuai kebiasaan.
Cara merawat kacer tipe panas ini lebih simple karena kita tidak harus menunggu usang untuk penjemurannya lantaran jemur cukup sebentar saja.
Jadi pada dasarnya perawatan kacer tipe panas sangat mudah adalah sering mandi, jemur sebentar, latihan fisik/ pernafasan yang rutin dan santunan EF yang konsisten. Kalau burung masih bagong berarti burung bisa lebih sering dimandikan pola mandi pagi dan malam hari.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Settingan Harian KACER TIPE PANAS"

Posting Komentar