IBX5980432E7F390 7 Ciri-Ciri Perbedaan Burung Jalak Bali Jantan dan Betina Paling Akurat - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

7 Ciri-Ciri Perbedaan Burung Jalak Bali Jantan dan Betina Paling Akurat

Perbedaan Jalak Bali Jantan dan Betina | Burung Jalak Bali ialah satu-satunya jenis burung jalak yang memiliki harga jual sangat fantastis bila dibandingkan dengan jenis jalak lainnya, seperti jalak suren, kebo, nias, putih bahkan beo sekalipun. Pasalnya burung kicau yang juga disebut Leucopsar rothschildi dan Bali myna ini dianugerahi keindahan bulu teramat eksotik baik burung jantan maupun betina. Namun secara keseluruhan jalak bali jantan tampak lebih istimewa dari pada jalak bali betina.

jalak bali jantan dan betina
Gambar Burung Jalak Bali Jantan dan Betina

Sebagai pecinta burung jalak bali dianjurkan untuk mampu membedakan jenis kelaminnya. Terlebih bila anda ingin membeli burung yang punya ciri khas kelopak mata berwarna biru keungu-unguan ini kepada peternak. Jika saja anda belum tahu cara membedakan jalak bali jantan dan betina, otomatis anda akan merasa kebingungan ketika ingin memastikan mana jalak bali jantan dan mana jalak bali betina.

Nah semoga anda mampu lebih mudah mengetahui perbedaan jalak bali jantan dan betina, kicaulovebird1 akan berbagi tips jitu ihwal cara membedakan jalak bali jantan dan jalak bali betina. Seandainya anda mampu mengenali jenis kelaminnya maka ketka anda ingin menangkarnya akan jadi lebih menyenangkan lantaran tidak salah-salah pilih. Silahkan anda simak tips-tips nya berikut ini.

Perbedaan Burung Jalak Bali Jantan dan Betina


# Ciri-Ciri Anakan Jalak Bali Jantan dan Betina
  • Ketika diloloh jalak bali anakan jantan lebih garang dalam berebut pakan ketimbang anakan betina.
  • Saat diloloh (usia 1-3 minggu) bukaan paruh jalak bali anakan jantan lebih lebar sementara pada bakalan betina sebaliknya.
  • Postur anakan jantan lebih besar dari pada anakan betina lantaran pertumbuhan tubuhnya cepat bongsor sementara bakalan betina badannya cendrung lebih kecil. 

# Ciri-Ciri Jalak Bali Jantan dan Betina Dewasa
  • Bulu lacur atau jambul pada jalak bali jantan relatif lebih panjang jadi terlihat sangat anggun.
  • Lacur pada jalak bali berkelamin betina cendrung lebih pendek.
  • Perawakan jalak bali jantan terlihat lebih sangar dan gagah sedangkan pada jalak bali betina tampak lebih feminim dan tak seagresif burung pejantan.
  • Suara gacoran jalak bali jantan punya kualitas lebih mumpuni (lagu bervariasi dengan volume yang lebih powerful) ketimbang bunyi jalak bali betina.

Itulah beberapa tips membedakan jalak bali jantan dan betina yang cukup akurat mulai dari piyik/anakan sampai cukup umur. Walaupun bukan jaminan 100 % tapi setidaknya dengan mengetahui ciri-ciri di atas terbukti cukup ampuh untuk memastikan jenis kelamin burung jalak bali. Mengingat jalak bali dibandrol sangat mahal dan masuk kategori burung dilindungi maka bila anda ingin membelinya belilah pada peternak resmi yang sudah punya izin penangkaran dari BKSDA.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "7 Ciri-Ciri Perbedaan Burung Jalak Bali Jantan dan Betina Paling Akurat"

Posting Komentar