IBX5980432E7F390 Mengenal Ciri-Ciri Burung Manyar Lebih Dekat Lengkap dengan Gambar - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Mengenal Ciri-Ciri Burung Manyar Lebih Dekat Lengkap dengan Gambar

Burung Manyar yaitu burung paling cerdas dalam menciptakan sarang yang sangat istimewa. Manyar jantan berlomba-lomba membangun sarang paling megah untuk menarik perhatian manyar betina. Kecerdasan dan keahliannya layaknya arsitek ulung dalam membangun rumah / sarang yang begitu unik, nyentrik dan rapi itu tidak beliau dapatkan dari pembinaan manapun. Tapi yang terang sadar atau tidak niscaya ada yang mengajarinya. Tak mungkin hewan tanpa kecerdikan itu sanggup buat sarang segitu rumitnya tanpa ada campur tangan yang lain (?).

Sebagai pecinta burung kicau terkadang mendapat hidayah dari segala keunikan dan kelebihan yang dimiliki setiap jenis burung yang dilihat dengan mata kepalanya. Sehingga menambah keimanannya pada sang khalik. Secara tak pribadi mengagumi kecerdasan seekor burung kicau itu bahu-membahu mengagumi keagungan sang pencipta. Terlepas dari hal itu, Burung manyar memang dianugerahi kemampuan paling menonjol dalam membuat sarang yang indah diantara jenis burung lainnya.

Burung manyar yang mempunyai ciri khas paruh tajam dan tebal itu juga dibekali keahlian berkicau dengan karakternya sendiri. Terlebih bila ia dilatih lagi dengan suara masteran burung lain, seolah-olah bunyi kenari, blackthroat, mozambik dan sebagainya niscayanya kemampuan berkicaunya akan tereksplor lebih baik lagi.  Karena Manyar atau yang juga disebut burung penganyam ini pandai memalsukan dan melantunkan kicauan burung jenis lain.

Sedikitnya ada tiga jenis burung manyar favorit yang ada di Indonesia yaitu Manyar Emas, Manyar Jawa dan Manyar Tempua. Dari ketiga varian tersebut memiliki ciri khas warna bulu yang berbeda. Untuk membedakan manyar jantan dan betina pun relatif simpel. Sebab pengicau yang dalam bahasa internasional dinamakan Weaver bird ini merupakan burung dimorfik artinya antara manyar jantan dan manyar betina mempunyai tampilan warna bulu yang berbeda. Jadi lebih mudah dibedakan jenis kelaminnya ketika remaja - sampaumur hanya dengan memperhatikan warna bulunya.

Ciri-Ciri Burung Manyar / Weaver Bird


Biar lebih kenal erat dengan semua jenis burung manyar yang ada dan terkenal di tanah air, silahkan anda perhatikan baik-baik pada gambar jenis burung manyar berikut.


.............

Habitat dan Makanan Burung Manyar


Makanan utama burung manyar yaitu biji-bijian seakan-akan halnya burung kenari yang juga doyan memakan biji-bijian. Dilihat dari pakannya saja, perawatan burung manyar bisa dipastikan cukup mudah dan tidak rewel yang mungkin boleh dikatakan semudah merawat burung kenari. Habitat burung pemakan biji bernma Manyar atau Bitat (di tempat admin) ini menyukai daerah-tempat terbuka semisal perkebunan kelapa, sawah, rawa, padang rumput, sekitar pemukiman warga hingga hutan.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Mengenal Ciri-Ciri Burung Manyar Lebih Dekat Lengkap dengan Gambar"

Posting Komentar