IBX5980432E7F390 Mengenal Lebih akrab Burung Beo yang pintar Berbicara - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Mengenal Lebih akrab Burung Beo yang pintar Berbicara

Burung Beo atau Tiong Mas (Gracula religiosa) merupakan burung yang sangat cerdas dalam menjiplakkan aneka macam bagai macam jenis bunyi. Beo sanggup dengan simpel menjiplak bahasa manusia, bunyi alat musik, bunyi klakson kendaraan maupun bunyi benda lainnya. Kepintaran burung beo dalam mengucapkan omongan insan juga dipengaruhi oleh faktor pelatihan pemasteran yang diberikan pemilik pada binatang cerdas berperawakan hitam legam ini.

Burung Beo

Burung beo sampaumur terutama yang sudah terlatih mampu dengan fasih mengucapkan "Assalamualaikum, Bapak ada tamu, selamat pagi" dan sebagainya. Oleh karena itu, sebagai pemilik sangat ianjurkan untuk melatihnya ketika usianya masih muda atau anakan. Dan sebisa mungkin pemilik sebaiknya menghindarkan burung pandai ini dari bunyi-suara yang tidak diinginkan (kata-kata jorok/kasar) lantaran  mampu saja ditirunya.

Tahukah anda? mengapa burung beo begitu pintar menjiplakkan berbagai macam jenis bunyi. karena beo mempunyai syrinx yang mana bentuknya memiliki kemiripan dengan tenggorokan insan. Nah dengan adanya syrinx itulah membuat burung beo dibekali kemampuan mengolah vokal yang baik. Tak heran kalaulau burung beo pintar balig cukup akal mampu meniru dan mengucapkan "Assalamualaikum, Bapak ada tamu, Tok-tok-tok" dengan praktisnya.

Lantaran keunikan dan keunggulan burung beo itulah, maka tak mengherankan kalau banyak orang sangat menyukai burung cerdas berperawakan hitam ini sebagai binatang peliharaan favoritnya. Burung beo memang tidak biasa dilombakan seolah-olah halnya burung kacer, lovebird, murai kerikil, dll. Namun Beo sangatlah ideal bila dijadikan sebagai hewan peliharaan sebagai penyambut tamu atau penjaga rumah.

Ciri-Ciri Burung Beo

  • Warna bulu mayoritas hitam dengan sedikit variasi putih di potongan sayap.
  • Posturnya terbilang besar ialah sekitar 30 cm. 
  • Paruhnya berwarna kuning dengan semburat oranye.
  • Kaki dan jemarinya berwarna kuning gading.
  • Di kepingan kepala mempunyai pial warna kuning.
  • Persebarannya meliputi pulau Jawa dan Sumatera.

Itulah beberapa karakteristik burung beo yang mana kemampuan menirukan beragam bunyi sudah tak perlu diragukan lagi. Memang beo termasuk burung paling cerdas di dunia. Perlu anda tahu bahu-membahu ada satu jenis beo yang diyakini mempunya kemampuan lebih baik dari jenis beo jawa/biasa, ia ialah Burung Beo Nias (Gracula robusta). Secara penampilan posturnya lebih bongsor dari pada jenis lainnya.

Makanan Burung Beo 


Beo sangat doyan memakan buah-buahan segar yang berasa elok, seakan-akan pisang, pepaya, apel, melon dan sebagainya. Selain buah beo juga sangat menyukai pakan berupa serangga seolah-olah jangkrik, belalang, kroto, ulat dan serangga lainnya. jika anda merawat burung beo anda juga sanggup menambahkan voer sebagai sajian hariannya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Mengenal Lebih akrab Burung Beo yang pintar Berbicara"

Posting Komentar