IBX5980432E7F390 5 Langkah Cara Ternak Anis Cendana semoga Sukses Bagi Pemula - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

5 Langkah Cara Ternak Anis Cendana semoga Sukses Bagi Pemula

Cara Ternak Anis Cendana | pandai balig cukup akal ini banyak peternak sukses budidaya aneka macam macam jenis burung kicauan populer yang biasanya mempunyai harga jual yang relatif mahal. Sebut saja murai batu, kacer, lovebird dan lain sebagainya. kemudian bagaimana prospek atau peluag nya kalaulau ingin ternak anis cendana secara ketenarannya sanggup dikatakan gres beranjak naik.

cara ternak anis cendana

Sebagian orang mencoba beternak burung kicau bukan semata-mata karena keuntungan semata melain hobi. Nah bagi anda yang tertarik ingin mencoba akaldaya atau ternak anis cendana sebaiknya anda ketahui dulu beberapa tips yang nantinya sanggup memudahkan anda dalam pengankaran burung kicau yang masih satu genus dengan Anis Kembang dan Anis Merah. Berikut beberapa tips penangkarannya.

Cara Ternak Anis Cendana


#1. sangkar ternak

Hal pertama perlu menyiapkan sangkar khusus ternak. Baiknya buatkan sangkar semi permanen dengan ukuran 90x90x180 atau sesuaikan kondisi lahan yang ada. Burung ini agak sensitif seakan-akan halnya anis merah. Dan usahakan tempat penangkaran aman dan nyaman bagi indukan.

#2. Anis cendana jantan dan betina

Penting sekali untuk mampu menyiapkan indukan yang betul-betul jenis kelaminnya jantan betina dan sudah matang kelamin atau dewasa. Biasanya usia ideal untuk diternak yaitu minimal 10 bulan.

#3. Proses penangkaran

Jika kedua indukan sudah disiapkan maka tahap selanjutnya ialah penjodohan dengan Cara saling mendekatkan kurang lebih 1 ahad. lalu keduanya lepas di sangkar ternak tersebut. Dan jangan lupa siapkan pula sarang daerah mereka bertelur.

Berikan juga makanan kesukaannya seolah-olah cacing, kroto, jangkrik secara bergantian dan tak ketinggalan voer harus selalu tersedia di dalam sangkar.

#4. Proses bertelur dan menetas

Tanda-tanda akan berhasil adalah induk betina mulai bertelur. Jumlah telur yang dikeluarkan antara 2 hingga 3 butir. Telur-telur tersebut akan dierami oleh indukan kurang lebih 14 hari. Nah, sesudah melewati masa pengeraman maka anakan anis cendana yang masih merah nan lucu mulai menetas.

Piyik yang telah berhasil menetas tersebut akan dirawat oleh indukan sampai mereka sanggup makan sendiri. Namun bila peternak ingin meloloh anakan tersebut maka anda sanggup panen anakan saat usianya baru 2-3 minggu. Penting untuk diingat ketika telur menetas sampai panen usahakan pakan aksesori atau extrafooding harus selalu tersedia supaya pertumbuhan anakan dan kesehatan indukan mampu optimal..

#5. Panen anakan

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa memanen anakan anis cendana mampu dilakukan saat usianya gres 3 mingguan atau menungggunya sampai mampu mampu bangun diatas kaki sendiri baru dipisah dari indukan. Nah proses ternak anis cendana ini dinikmati saja sedari awal hingga pemanenan. Bagi pecinta burung kicau pasi setiap prosesnya akan terasa begitu menyenangkan.

Demikian tips atau tata Tutorial ternak anis cendana dari BurungBabe kali ini . semoga bermanfaat dan berhasil ya. Amiiin.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "5 Langkah Cara Ternak Anis Cendana semoga Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar