IBX5980432E7F390 Penyakit Patek / Bubul Pada Lovebird, Dan Tutorial Penyembuhannya - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Penyakit Patek / Bubul Pada Lovebird, Dan Tutorial Penyembuhannya

Penyakit Patek / Bubul Pada Lovebird, Dan Cara Penyembuhannya - Halo sahabat Lovebird Bekasi, di kesempatan kali ini Lovebird Bekasi akan menjelaskan tentang penyakit patek / bubul pada lovebird, beserta cara penyembuhannya. Seperti yang telah kita ketahui lovebird tidak hanya mampu terjangkit penyakit seakan-akan snot (mata) dan nyilet (badan kurus / cacingan).
Penyakit Patek / Bubul Pada Lovebird, Dan Cara Penyembuhannya
Patek merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur / kuman yang dapat menyerang unggas seakan-akan ayam, belibis maupun burung. Biasanya patek mampu terjadi pada burung yang tidak dijaga kebersihan kandangnya, juga teladan bantuan pakan yang tidak higienis. Patek / bubul akan menyerang serpihan - potongan pada tubuh burung, biasanya di potongan seolah-olah kaki, mata, maupun paruh. Jika sudah terkena penyakit patek / bubul ini, baiknya sebagai pemilik kita harus cepat tanggap untuk segera ditangani. Pasalnya patek / bubul ialah jamur yang diakibatkan basil bila tidak ditangani maka akan terus hidup menggerogoti kepingan tubuh burung yang terjangkit.

Berikut ialah cara penanganan yang bisa dilakukan semoga burung lovebird kesayangan kalian dapat sembuh dari serangan penyakit patek / bubul.
Caranya sebagai berikut :
  • Selalu jaga kebersihan kandang, sangat disarankan membersihkan sangkar 2 hari sekali.
  • Mengganti pakan dan minum ketika sudah dirasa kotor, dan pada saat menyampaikan  sayuran / EF hendaknya selalu mencuci dahulu sebelum diberikan semoga terhindar dari basil - bakteri yang mengakibatkan tumbuhnya jamur.
  • Berikan antibiotik yang di cekokkan kedalam paruhnya. Antibiotik yang diberikan di larutkan dengan air terlebih dahulu.
  • Jika patek / bubul telah menyerang potongan tubuh lovebird baik itu kaki, mata atau pun paruh, segera lakukan tindakkan. 
  • Ambil patek / bubul yang ada pada tubuh lovebird dengan cara di berikan revanol / alkohol dahulu sebelum di ambil patek / bubulnya.
  • Ambil dengan cara mengorek atau mencungkilnya dengan pinset / gunting kecil.
  • Setelah patek / bubul diambil seluruhnya, kompreslah bagian yang terkena patek dengan air hangat mengunakan kapas.
  • Gunakan Betadine, Obat Merah atau bisa juga dengan Methylene Blue (Obat biru yang biasa digunakan untuk ikan hias yang terkena jamur). Penggunaan obat - obat ini bertujuan untuk mengeringkan luka akibat bekas patek dan bertujuan semoga patek tidak mampu tumbuh lagi sebab sudah ditutup dan dikeringkan dengan obat.
Sekian penjelasan wacana penyakit patek / bubul yang mampu terjadi pada lovebird berikut dengan pencegahan dan penyembuhannya, Semoga bermanfaat dan membantu rekan kicau mania yang mengalami hal tersebut.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Penyakit Patek / Bubul Pada Lovebird, Dan Tutorial Penyembuhannya"

Posting Komentar