IBX5980432E7F390 Cara Paling Cepat Turunkan Birahi Cucak Ijo - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Cara Paling Cepat Turunkan Birahi Cucak Ijo

Burung cucak ijo merupakan burung semi fighter yang artinya kita harus mengetahui setingan yang pas untuk burung tersebut biar mendapatkan birahi yang stabil, kenapa birahi pada burung cucak ijo harus stabil karena kalau burung dalam keadaan over birahi maka burung lebih sering menyerang burung lain daripada mengeluarkan isiannya.

Over birahi pada cucak ijo sering terjadi lantaran perawatan yang kurang konsisten, contohnya tentang tunjangan pakan, penjemuran dan setingan mandinya. Jika kau benar-benar serius dalam merawat burung untuk tujuan lomba maka kau memang harus konsisten dalam perawatannya, jangan sampai kau terpengaruhi dengan setingan burung orang lain lantaran kamu yang tau sendiri karakter dan kondisi burung yang kau rawat.

Burung cucak ijo yang sedang over birahi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Bunyi krek krek sambil keluarin pengecap
  • Bulu mengembang saat digoda tangan/ Bagong
  • Suka menggetarkan akupnya
  • Suka nabrak jeruji sangkar kalau ada burung sejenis/ burung lainnya
  • Naik turun tangkringan
  • Bulu kepala ngejambul sambil bunyi krek krek krek
  • Ngoceh hanya ngeriwik
Jika burung cucak ijo kamu mengalami tanda-tanda seakan-akan diatas maka burung mampu dikatakan mengalami over birahi yang tinggi. Untuk mengatasi OB pada CI perlu perawatan yang ekstra terutama pada setingan mandi dan umbaran. Berikut ini cara perawatan burung cucak ijo yang sedang birahi tinggi biar menjadi stabil lagi.


Mandikan lebih sering
Mandi lebih sering akan membantu menurunkan birahi burung Cucak Hijau yang sedang menemui over birahi. Karenanya, bila di settingan mandi biasanya kalian memandikan sehari sekali, kalian Bisa menambahkannya menjadi dua kali sehari.

Mandi malam
Mandi malam sangat dianjurkan untuk Cucak Hijau yang menemui over birahi. Sebab, sebagaimana mandi lebih sering, mandi malam juga Bisa menurunkan birahi burung sehingga akan lebih stabil. Dan untuk lebih efektifnya, mandi malam Bisa dilakukan di jam 7 malam.

Jemur cukup 30 menit maksimal
Penjemuran pada burung cucak ijo yang sedang birahi jangan terlalu usang maksimal hanya 30 menit saja.

Pengembunan setiap hari
Burung yang sedang OB harus diembunkan setiap hari lantaran udara pagi mampu membantu menurunkan birahi pada cucak ijo.

Jauhkan dari burung sejenis
Menjauhkan dari burung sejenis biar birahi tidak selalu tinggi

Jauhkan dari burung cucak jenggot/ kapas tembak/ cucak yang lain
kenapa harus dijauhkan karena ya burung jenis cucak-cukakan dapat memancing birahi dan emosi burung cucak ijo.

Ganti buah pisang dengan pepaya
Pemberian buah pepaya diyakini dapat membantu untuk menurunkan birahi dan membuat pencernaan menjadi baik.

Hentikan EF berupa serangga
Selama Cucak Hijau over bvirahi, kalian Bisa menyetop santunan ekstra foding terlebih dahulu selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan supaya upaya penurunan birahi yang kalian lakukan lebih efektif.

Berikat Ulat Bambu / Cacing
Ulat bambu bagus untuk menurunkan birahi, sebaiknya diberikan tiap pagi dan sore hari, bila tidak ada ulat bambu maka sebagai pengganti dapat diberikan cacing yang sudah dibersihkan dan juga dipotong.

Umbar setiap hari
Selama Cucak Hijau over birahi juga sangat disarankan untuk dilakukan pengumbaran. Pengumbaran ini wajib dilakukan setiap hari di karenakan ini akan membantu menurunkan birahi.

Cara turunkan birahi pada cucak ijo diatas sudah saya terapkan pada burung saya sendiri dan kesudahannya dapat terlihat sesudah 1 ahad perawatan, jikalau burung dirasa sudah stabil birahinya maka lakukan penilaian kenapa burung tadi bisa over birahi dan berikan setelan harian yang cocok untuk burung tersebut.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Paling Cepat Turunkan Birahi Cucak Ijo"

Posting Komentar