IBX5980432E7F390 Begini Tutorial Ternak Lovebird Bagi Pemula semoga 'SUKSES' - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Begini Tutorial Ternak Lovebird Bagi Pemula semoga 'SUKSES'

Ternak lovebird - Salah satu jenis burung kicau yang masih dan lagi ngetren dikala ini serta mempunyai nilai jual cukup tinggi yaitu Burung Loverbid, si kicauan pesolek yang elok juga pintar berkicau dengan kualitas bunyi kekean panjang yang khas. Lovebird hingga sekarang terus difavoritkan oleh kalangan kicau mania sebagai burung kontes maupun untuk bunyi-bunyian di rumah. Berkat ketenaran lovebird itulah maka ternak lovebird mampu menjadi alternatif peluang bisnis bagi anda yang ingin mencobanya.

ternak lovebird, Tutorial ternak lovebird

Dalam praktek ternak lovebird sanggup diktakan relatif Praktis bagi yang telah berpenglaman sedangkan bagi mereka yang masih pemula tentu masih agak kesulitan terutama ketika membedakan lovebird jantan dan betina. Baca: Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina.

Apabila anda dapat menentukan jenis kelamin lovebird pastinya proses penangkaran akan berjalan lebih lancar. mampu kebayang kan..! apa Jadinya bila lovebird yang diternak ternyata jantan semua atau sama-sama betina, yang terang mereka tidak akan pernah menghasilkan anakan.

Dalam beternak lovebird ada beberapa tips yang sanggup dipilih pertama ternak lovebird sepasang dan kedua ternak lovebird koloni. Dari kedua metode tersebut tentunya mempunyai kelebihan serta kekurangan sendiri. Pada panduan kali ini Admin khususkan tips Tutorial ternak lovebird sepasang lantaran sangat cocok bagi pemula. Berikut tahapan dalam budidaya lovebird.

Cara Ternak Lovebird


#1. Menyiapkan sangkar ternak lovebird

Tahap awal sekali yaitu menyediakan sangkar khusus ternak. kandang ternak lovebird biasanya berbentuk kotak persegi yang terbuat dari jeruji besi, dikala ini sangat simpel kita temui di toko-toko pakan burung. Adapun harga kandang penangkaran lovebird terbilang lumayan mahal alasannya yaitu materi materialnya memang dibuat dari besi, untuk mendapat sangkar ini anda sanggup merogoh kocek kurang lebih Rp 150.000 per biji.

Dan jangan lupa lalu kandang dilengkapi juga dengan glodok tempat burung bertelur. Dalam penangkaran lovebird wajib menggunakan glodok lantaran burung paruh bengkok ini di habitat aslinya bertelur di lubang-lubang kayu, hal ini berbeda dengan burung kenari, kacer dan murai watu.

#2. Menyiapkan sepasang lovebird

Seperti yang telah disinggung di atas, apa kesannya kalau lovebird yang kita tangkar ternyata berjenis kelamin sama, yah pastinya mereka tidak akan pernah mampu menghasilkan keturunan.

Perlu diketahui bahwa lovebird yang dibudidaya berjenis betina semua, maka mereka juga sanggup bertelur namun sampai kapan pun telurnya tidak akan pernah menetas, disamping itu telur yang dihasilkan biasanya berjumlah lebih banyak mampu hingga 8 butir, alasannya ialah dari kedua indukan sama-sama bertelur.

Namun tanda bila lovebird yang diternak sama-sama pejantan maka mereka tak akan bertelur. Oleh lantaran anda jangan salah menyipakan sepasang induk lovebird yaitu jantan dan betina.

* Ciri-Ciri Lovebird Betina dewasa:
  • Sering terlihat ngapal, artinya kedua adminp direntangkan sedang pada penggalan ekor iangkat ke atas itu mengambarkan siap kawin dan ingin segera kawin. bila anda melihat tingkah laku lovebird begitu segera jodohkan atau kawinkan.
  • Memiliki ukuran supit urang yang lebih lebar dan elastis dibanding pejantan.

* Ciri Lovebird Jantan pintar balig cukup akal
  • Memiliki ukuran supit urang yang lebih kaku dan sempit dibanding betina.
  • Terkadang terlihat menggesek-gesekan pantatnya ke tangkringan, nah apabila anda melihat kalakuan burung jantan demikian segera diternak, sebab bila kelamaan sanggup menciptakannya sulit kawin dengan betina.

#3. Mulai menjodohkan lovebird

Langkah berikut ialah menjodohkan dan mengawinkan lovebird. Satu hal yang sanggup anda lariskan ketika melaksanakan penjodohan paruh bengkok ini yaitu mendekatkan kedua lovebird agar mereka saling mengenal lalu berjodoh.

Saat pertama kali mereka diternak sebaiknya jangan langsung dikumpulkan Makara satu lantaran mereka bias saja berantem. Parahnya ketika mereka bertarung biasanya objek sasaran mereka yaitu kaki-kaki burung tersebut sehingga sanggup mengakibatkan kakinya luka dan patah.

Adapun tips lain supaya kedua lovebird cepat berjodoh yaitu sering menjemur kedua calon indukan lovebird saling berdekatan, dengan begitu keduanya akan saling mengenal satu sama lain. Dan yang jelas tingkat birahinya akan membaik sehingga mampu memacunya semoga cepat berjodoh.

#4. Proses bertelur dan mengerami

Lovebird akan bertelur di dalam glodok yang telah disediakan. Jangan lupa daerah ia bertelur juga dilengkapi serutan kayu yang telah kering kemudian di di atasnya daun cemara kering atau rumput kering untuk hasil lebih baik.

Burung pesolek ini sanggup dikatakan bertelur normal tatkala jumlah telur yang dihasilkan berjumlah minimal 4-5 butir. Bila kurang dari itu maka produksinya sanggup dikatakan kurang baik atau sanggup juga lantaran masih gres belajar bertelur, hal ini masuk akal.

Telur-telur lovebird akan muali dierami ketika semua telur sudah keluar semua dalam badan induk betina, usang pengeraman akan berlangsung hingga 22-25 hari.

Sebaiknya selama proses mengerami kedua indukan jangan sesekali diganggu dengan Tutorial sering melihat telur di dalam glodok semoga mereka tidak stres sehingga banyak bencana kemudian telur ditinggal tidak dierami. Namun bila burung anda sudah terbiasa dilihat telurnya maupun anakannya ketika diloloh itu tidak kasus. kalau tidak terbiasa... lebih baik jangan.

#5. makanan anakan lovebird

Lebih sempurnanya beliaulah makanan indukan lovebird yang sedang meloloh anakan gres menetas sampai siap sapih. Pakan khusus anakan lovebird yang gres menetas merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan anda dalam beternak lovebird ini. Pasalnya bilalau anda sembarangan dalam mengatakan pakan indukan yang sedang meloloh piyik maka usaha anda selama ini sanggup gagal alasannya yaitu piyik-piyik lovebird yag telah berhasil menetas tersebut sanggup mati lantaran pakan yang dikonsumsi kurang tepat.

Tips mengatakan Pakan indukan lovebird yang sedang menyuapi anakan yaitu jagung muda dan berikan juga kangkung yang telah dipotong kecil-kecil. Lebih manis lagi bila kangkung ditambahkan dengan sedikit tauge.

Dengan dihidangkan kuliner yang sempurna bagi indukan yang sedang meloloh anakan ternyata sanggup mengurangi angka ajal cindil atau piyik lovebird dan manfaat lainnya ialah pertumbuhan piyek lovebird cepat besar alias tidak kerdil. Namun jangan lupa untuk tetap menyampaikan pakan biji-bijian mix alasannya ialah itulah kuliner utama lovebird.

Bila perlu tambahkan juga multi vitamin atau vitamin yang mengandung microorganisme menguntungkan guna memperlancar mitabolisme dalam tubuh burung lovebird, sehinga indukan dan anakan selalu terjaga kesehatannya dan tidak mudah sakit atau terjangkit penyakit seolah-olah penyakit lovebird yang paling umum ialah Snot dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh basil maupun virus.

#6. Menyapih anakan lovebird

Ada dua Tutorial yang sanggup anda lariskan untuk menyapih anakan lovebird. Pertama anda menyapih anakan ketika umurnya gres 2-3 ahad. Pada usia segitu anakan masih belum mampu sanggup bangkit iatas kaki sendiri maka dari itu anda pun harus meloloh piyik tersebut, adapun tujuan menyapih anakan di usia dini supaya kedua indukan cepat bertelur kembali.

Ada beberapa Bubur Lovebird yang direkomendasikan iantaranya ada produk impor dan lokal ialah Bubur A21, Bubur Bogena, Bubur Nutrima, Bubur Exotic, Bubur Lolohan, Batibu, Bubur Lolohan Balibu dan masih banyak lagi lainnya. Saran kami sesuaikan saja dengan kebutuhan. kalau anda menggunakan bubur berharga mahal namun lovebird yang akan dispet hanya lovebird sayur seolah-olah ijo standar tentu biaya perawatan akan abuh.

Jika anda sanggup menciptakan pakan lolohan sendiri sebaiknya anda buat sendiri saja supaya lebih murah dan tidak tergantung dengan produk pabrikan. admin juga biasa menciptakan bubur lovebird sendiri lantaran admin pikir dari segi biaya Jadi lebih terjangkau, apalagi penangkaran lovebird admin hanya sekelas lovebird sayur, jenis paling tinggi hanya jenis lovebird euwing dikala ini. Dan diusahakan selalu diupgrade dengan beriringnya waktu.

Oh iya.. bila anda tidak mau repot-repot meloloh anakan sendiri sebaiknya membiarkan kedua indukan membesarkan anakannya sendiri. Penting untuk selalu meneydiakan makanan yang cukup di dalam sangkar supaya mereka tidak kekurangan pakan sehingga sanggup kuat terhadap kesehatan dan pertumbuhan anakan lovebird tersebut.

Setelah anakan keluar dari sarang yaitu sekitar umur 1,5 bulanan maka  siap-siap dipisah, lalu sangkar dan glodok bersihkan serta bahan sarang sebaiknya dibuang dan diganti yang baru. lalu kedua indukan dimandikan kemudian dijemur dalam artian dikondisikan lagi untuk beberapa hari supaya mereka siap untuk berkembang biak kembali.

Tips aksesori

# Tentukan tujuan ternak lovebird

Idealnya sebelum mulai ternak lovebird anda sebaiknya menentukan tujuan apakah untuk produksi lovebird warna atau lovebird lomba. Pasalnya ketika ini LB warna telah mewarnai maraknya pasaran burung di tanah air dan ada juga yang tak kalah fenomenal yaitu lovebird kekean atau lovebird lomba artinya burung yang dikhususkan untuk diturunkan di arena perlombaan burung kicau.

Nah apabila anda ingin mempunyai penghasilan suplemen yang lebih baik cobalah untuk membudidayakan lb khusus lomba tersebut. Mengingat LB yang mempunyai kualitas ngekek panjang dan gacor harganya terbilang mahal.

Umumnya lovebird kontes atau lomba lebih ditonjolkan pada kualitas ngekeknya yang panjang dan sedikit mengabaikan keindahan warna bulunya, yang penting beliau mempunyai kualitas bunyi, cengkok serta lagu yang Istimewa dengan tarikan bunyi kekean yang relatif panjang.

Namun kami sarankan untuk awal-awal cobalah untuk beternak lovebird yang biasa saja dulu nanti bila sudah berhasil dan tau ilmunya anda boleh mengembangkan ke varian yang lebih tinggi.

# Usia produktif lovebird

Usia burung lovebird yang ideal untuk mampu dibudidayakan ketika umurnya sudah 6 bulanan - 8 bulanan. Nah pada waktu tersebut sudah sanggup kita mulai proses penjodohan dengan Cara menempelkan antara pejantan dan betina.

Dengan beriringnya waktu mereka akan berjodoh dan bila sudah berjodoh ditandai dengan saling memadu kasih atau kata lain saling bercumbu maka segera satukan dalam sangkar ternak yang sudah dilengkapi dengan glodok, makanan dan perlengkapan lainnya.

Demikianlah ulasan lengkap tentang cara ternak lovebird yang sanggup BurungBabe.com bagikan pada rekan-rekan penggemar burung lovebird khsususnya. aku doakan simpel-mudahan burung lovebird yang anda ternak supaya cepat bertelur dan menetas. Semoga membantu dan bermanfaat.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Begini Tutorial Ternak Lovebird Bagi Pemula semoga 'SUKSES'"

Posting Komentar