IBX5980432E7F390 Pengenalan Tutorial Berternak Burung Puyuh Untuk Pemula - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Pengenalan Tutorial Berternak Burung Puyuh Untuk Pemula

Pengenalan Cara Berternak Burung Puyuh Untuk Pemula - langkah yang pertama untuk melaksanakan Usaha Beternak Burung Puyuh ini awalnya kita harus menentukan tempat yang baik untuk peternakan kita. Karena tempat sangat mensugesti produksi puyuh tersebut. 

Pengenalan Tutorial Berternak Burung Puyuh Untuk Pemula

Peluang Bisnis Beternak Telur Puyuh Misalkan kita akan beternak 1000 ekor puyuh modal kandang yang akan dikeluarkan 3 tingkat yaitu 1,5 juta rupiah dikali 2 sangkar. Mesin penetas telur berukuran 2 x 1 meter dengan modal sekitaran 500 ribu. Total sekitaran 3 -4 juta plus pelengkap berupa listrik lampu, paku dan lain2.

Untuk pengeluaran pakan dengan biaya pur dan dedak yang lumayan sekitaran 750 ribu untuk 10 hari.

Incoming ( Pemasukan)

Burung puyuh 1000 ekor mampu menghasilkan 600 butir telur setiap hari atau dikisaran 7.5 kilogram per hari,

ini ialah rincian pengeluaran dan pendapatan dari produksi rumahan aku sendiri dan penghasilan sekitaran Rp. 110.0000 ribu perhari dan harga telur puyuh per kilo nya Rp. 20.000, itu pun naik turun tergantung pasaran atau minat konsumen telur puyuh sendiri. pastikan sebelum memulai bisnis ini ada peluang usaha disekitar rumah anda.

Jika di rata-rata penghasilan perminggu sekitaran Rp. 400.000 bersih. Ingat tergantung produksi telur bagaimana anda merawat dan tingginya minat konsumen telur itu sendiri.

biaya di atas belum di jumlahkan penjualan hasil kotoran burung puyuh yang harganya Rp. 15.000 perkarungnya atau mampu lebih tergantung lokasi masing - masing.

Syarat Yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Usaha Ternak Puyuh

1. Disiplin

Disiplin disni adalah bagaimana anda dapat mengatur waktu saat dukungan makan atau minum pada puyuh, pembersihan sangkar, jangan hingga anda tidak disiplin karena dapat menurunkan produktifitas telur nya.

2. Jangan Malas 

Semalas - malasnya kita ialah suatu tanggung jawab juga merawat ternak kita, jangan sampai malas menjadi faktor perusak perjuangan anda ya.


3. Jangan Ragu - Ragu Atau Pelupa

Jika anda lupa atau galau dikala anda sudah memberi makanan atau minuman pada puyuh maka coba ingat - ingat kembali, hal sepele seolah-olah pun bisa jadi besar kalau di sepelekan.

4. Tekun

Disaat produksi telur maksimal selalu ingat akan mengucap kata syukur apalagi orderan banyak, namnun disaat produksi sedang menurun atau orderan sedang sepi di saat inilah ketekunan anda di uji, cobalah tekun pada suatu usaha.

5. Kasih Sayang Pada Ternak

Sama seperti Istri, anak atau kekasih peliharaan kita pun harus kita kasih akung, kita mampu menjaga ternak kita layaknya seolah-olah orang yang kita akung, pertolongan makan teratur, diberi minum, di beri obat jika sakit, dan masih banyak lagi.

Memilih lokasi tempat peternakan burung puyuh

  • Lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk
  • Lokasi Peternakan jauh dari wabah penyakit
  • Pastikan Jauh dari daerah Banjir
  • Lokasi yang stategis untuk pemasaran telur itu sendiri


Untuk pembuatan kandang sendiri pertama - tama harus perhatikan hal - hal sebagai berikut:

  1. Pemilihan bahan untuk pembuatan sangkar itu sendiri 
  2. Sirkulasi atau pemikiran udara yang baik
  3. Pembuangan kotoran 
  4. Tempat penempatan pakan dan minum untuk buruh puyuh itu sendiri

Kandang untuk indukan Puyuh berukuran 2 x 0.5 meter dengan 5 lantai dan setiap lantai diberikan sekat berupa triplek untuk menampung kotoran dan mempermudah pembuangan kotoran itu sendiri. Untuk dinding pada belahan kandang gunakanan Jaring berbahan kawat untuk melancarkan sirkulasi udara pada sangkar. penambahan kaki kandang yang di tinggikan mencegah puyuh cuilan bawah terkena air/ lembab.

Penempatan tempat pakan pun harus di perhatikan antara lubang tempat masuk kepala puyuh biar mampu leluasa mengambil makan di tempat pakan. Sedangkan penempatan minuman letakan di samping untuk setiap 1 lantai.

pergantian air minum puyuh dilakukan 1 hari sekali yaitu pagi hari / sore hari. Pemberian makanan pun dilakukan sama seakan-akan pergantian air minum pada puyuh. 

Untuk pencucian Kotoran puyuh dilakukan setiap 3 hari sekali, praktisnya triplek yang kita taruh pada sekat antar lantai satu dengan yang lain cabut dan bersihkan menggunakan sapu. Kotoran puyuh juga merupakan peluang bisnis lantaran setiap 1 karung kecil kotoran di hargai 15 ribu rupiah.

Setiap 1 lantai berisi sekitara 30 -50 puyuhan sampaumur setiap sekat, bila kita memelihara 1000 puyuh dewasa kita akan menghasilkan sekitaran 300- 400 telur setiap 1 haridan membutuhkan sekitar 4 -5 kandang dengan 4 lantai.

Untuk penjualan telur puyuh kini dihargai sekitar 20 ribu per 1 kilogram telur , 1000 puyuh remaja menghasilkan 7,5 kilogram telur satu hari.

Untuk pemilihan tempat aku sarankan buat rumah - rumahan yang sederhana terdiri dari penopang dan genteng untuk mencegah dari air hujan, atau bisa memanfaankan pekarangan belakang rumah semaksimal mungkin.

Demikianlah ulasan wacana cara beternak burung puyuh, semoga bermanfaat tips ini.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Pengenalan Tutorial Berternak Burung Puyuh Untuk Pemula"

Posting Komentar