IBX5980432E7F390 Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang Bagus dari Sisi Fisiknya - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang Bagus dari Sisi Fisiknya

Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang Bagus dari Sisi Fisiknya - Burung merpati atau burung dara merupakan burung yang bisa digunakan untuk ajang balapan. Banyak penghobi burung merpati yang melatihnya untuk tabrak pertandingan.

Untuk mengetahui beberapa ciri ciri burung merpati yang bisa untuk di jadikan satria yang elok dan berkualitas mampu dilihat beberapa ciri-ciri fisiknya, Untuk detailnya silahkan anda baca artikel ini sampai tamat.

Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang Bagus

  1. Paruh, pilih yang ukurannya kecil atau yang sedang dan tidak terlalu panjang, mudahnya seolah-olah paruh puter tetapi lebih pendek.
  2. Hidung, pilih yang puil hidungnya sedang, lubang sedang dan higienis , ini diyakni terbangnya tinggi dan nafasnya panjang.
  3. Kepala, ukurannya sedang sampai agak dan jenong ,tidak aerodinamis , ini diayakini punya sifat akrobatik yang handal dan turun dengan cepat
  4. Mata, pilih mata yang tajam dan kecil serta pilih mata pupil bulat kecil hitam legam dan tidak pecah, warna mata diluar pupil harus higienis dan jelas, warna kuning atau kuning campur merah atau minimal 3 warna yang ini diyakini punya indra yang tajam dan mental petarung yang handal, sangat tidak dianjurkan menentukan warna hitam. 
  5. Pupil mata hitam harus bisa zoom membesar dan mengecil/ kedap-kedip untuk melihat jauh dan bersahabat, pupil mata yang kecil penglihatnnya lebih tajam kalau dbandingkan dengan pupil mata yang besar. Contoh gampangnya lihat piyikan matanya belum jelas dan pupil matanya masih besar, piyikan seakan-akan ini matanya belum tajam.
  6. Leher, pilih leher yang sedang dan ketika dipegang terasa kencang/ berpengaruh, ini shootingnya kencang, jangan pilih yang panjang lantaran biasanya terbangnya tengok kanan tengok kiri alias kurang fokus.
  7. Dada, membusung tegap dan gagah (njantung ) dengan tulang keras tetapi otot/ dagingnya tebal dan kenyal tapi lembut warna coklat kemerah-merahan dan kulitnya tipis bersih dan saat bangkit kelihatan gagah.
  8. Bulu sayap tebal, terasa halus saat dipegang, dibuka rajin, rapat dan panjang serta lentur dengan ujung sayap agak meruncing, tulang bulu keras, bulu kering tetapi seolah-olah ada lapisan lilin dan tidak rusak, daging/ otot lengan sayap agak tebal dan elastis / kenyal.
  9. Tubuh/ Badan, ukuran sedang, bundar berisi dipegang enak terasa elastis seolah-olah bola karet, dengan daging otot memenuhi tubuh dari dada hingga belakang, daging empuk tapi kenyal dan gemuk hingga daging menonjol, dengan berat sedang tidak terlalu ringan seakan-akan kapas tapi tubuh sehat dan tidak kurus atau sakit. Biasanya merpati yang sudah terlatih jika dipegang bulunya terasa halus mimpes (kempes) seolah-olah kapas.
  10. Tulang dada, pilih tulang dada yang sedang hingga mendekati anus, merpati yang mempunyai tulang dada pendek rata-rata terbangnya tinggi, jarak antara tulang dada pecahan belakang dan tulang supit udang harus pendek
  11. Tulang Supit udang diatas dubur, harus yang keras dan kokoh, tebal dan agak renggang kurang lebigh 1/2 cm, jangan yang tipis dan lentur atau yang rapat, yang seakan-akan ini tembakannya kencang.
  12. Kaki, pilih warna kaki yang merah merona dengan sisik yang kering dan bersih, kuku sedang dan bersih.
  13. Brutu (tempat tumbuh bulu ekor), harus besar rapat dan kokoh, merpati yang memiliki brutu seakan-akan ini sprintnya sangat kencang.
  14. Ekor, bulu ekor harus tebal dan rapat serta kokoh tetapi lentur, ukuran panjang sedang porposional dan dikala dipegang ekornya turun kebawah, ekor kebawah ini menandakan burung merpati biasa terbang naik keatas untuk mencapai ketinggian yang ideak.
  15. Perut (antara tulang Supit udang dan tulang dada serpihan belakang) pilih yang jaraknya lebih rapat kurang dari 2 jari, diraba berisi & lentur, jangan yang tidak berisi alias tepos. 
Baca juga : Ramuan Tradisional Untuk Menjaga Stamina Burung Merpati Balap
Itulah beberapa Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang Bagus dari sisi Fisiknya, semoga menambah wawasan anda dalam menentukan burung merpati yang ingin anda jadikan peliharaan dan dijadikan satria dalam perlombaan. Semoga bermanfaat.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang Bagus dari Sisi Fisiknya"

Posting Komentar