IBX5980432E7F390 Cara menurunkan Birahi Lovebird dengan mandi - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Cara menurunkan Birahi Lovebird dengan mandi

Cara menurunkan Birahi Lovebird dengan mandi - Lovebird merupakan jenis burung yang paling diminati saat ini dikalangan kicau mania maupun breeder. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan semakin banyaknya kawasan lomba burung berkicau dan juga semakin banyaknya breeder - breeder burung lovebird yang muncul. Minat akan burung lovebird yang semakin tinggi, tak lain karena dari segi kecantikan bulu dan khas akan bunyi kicauannnya juga karena faktor harga yang terbilang stabil dan tentu perawatan yang cukup mudah.
Cara menurunkan Birahi Lovebird dengan mandi
Terbilang mudah, namun bukan berarti dalam memelihara burung lovebird tidak menemui kendala dan kesulitan. Hal yang paling sering ditemui yaitu sulitnya menurunkan birahi lovebird yang terlalu tinggi, yang menimbulkan lovebird menjadi sangat bernafsu. Hal ini tentu sangat menjadi kesulitan bagi pemiliknya, terutama pada pemilik lovebird yang menjadikan burung ini sebagai gaco andalan pada perlombaan burung berkicau. Birahi yang tinggi mengakibatkan lovebird akan menjadi sangat bergairah, sehingga pada ketika digantangkan lovebird cenderung mengejar lovebird lain di sekitarnya.

Beberapa cara yang mungkin banyak ditemui dan juga dilakukan sebagian kicau mania untuk mampu menurunkan birahi lovebirdnya. Dikesempatan kali ini kita akan menyampaikan cara untuk menurunkan birahi lovebird, yakni dengan metode mandi. Namun cara mandi yang akan kita berikan bukan seakan-akan memandikan burung lovebird seolah-olah biasanya. Tutorial ini mungkin ada yang telah mengetahui namun tak sedikit juga yang belum mengetahui apalagi melakukannya. Cara yang dimaksud adalah sebagai berikut ;
  1. Mandi Air Hujan - Sebagian rekan kicau mania mungkin tidak abnormal dengan cara ini. Mandi air hujan bertujuan supaya lovebird yang sedang birahi tinggi mampu merasakan seperti di alam bebas dengan dimandikan air hujan langsung. 
  2. Mandi Selang - Mandi selang dilakukan dengan cara, menangkap eksklusif lovebird yang sedang birahi dan pribadi dimandikan dengan selang yang langsung diarahkan keburung. Namun perlu diperhatikan ketika mengarahkan selang langsung ke burung lovebird, usahakan tidak mengarahkan pada cuilan depan kepalanya karena akan mengakibatkan air masuk kedalam hidung dan paruh. Lakukan perlahan sambil mengusap bulu burung, dan bentangkan kedua sayapnya sambil di usap dan semprotkan air dari selang secara perlahan. Lakukan hingga burung berair kuyup / lepek.
  3. Mandi air Es / Air hambar - Cara mandi ini banyak dilakukan kicau mania pecinta lovebird. lakukan cara mandi air es dengan menggunakan air yang benar - benar masbodoh, yang bertujuan suhu badan burung yang sedang naik dapat teredam dengan semprotan air es tersebut. Agar lebih efektif lakukan cara mandi ini pada malam hari sekitar jam 9 / 10 malam.
Cara mandi yang disebutkan diatas berdasarkan pengalaman pribadi dan juga hasil survey dari beberapa rekan kicau mania yang telah berhasil menurunkan birahi lovebird nya dengan cara mandi tersebut. Lakukan dengan benar biar tidak mengakibatkan burung menjadi stress atau merasa tidak nyaman.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara menurunkan Birahi Lovebird dengan mandi"

Posting Komentar