IBX5980432E7F390 Cara Merawat Kacer Poci Mabung 1 Bulan Bulu Rapi kembali - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Cara Merawat Kacer Poci Mabung 1 Bulan Bulu Rapi kembali

Proses ganti bulu pada kacer biasanya terjadi setahun sekali tetapi ada yang lebih cepat dan lebih lambat dari itu, rontok bulu secara alami biasanya terjadi pada usia 7 - 8 bulan pergantian bulu anakan ke akil balig cukup akal. Pada dikala mabung ini biasanya para kicau mania selalu mengkrodong burung dan memaster untuk menambah bunyi isian pada burung kacer.

kacer poci rontok bulu paksa
Proses mabung ini biasanya memakan waktu 1 bulan lamanya, mulai dari rontok bulu hingga tumbuh lagi bulu yang baru. Burung yang mabung secara alami akan merontokkan bulunya sendiri secara perlahan sedangkan mabung paksa yaitu kita yang memaksa burung untuk merontokkan bulunya dengan cara-cara yang ekstrim (nanti kita bahas pada artikel selanjutnya).

Perawatan kacer yang sedang mabung sama seperti burung lainnya yaitu mengkrodong, memaster, dan dilarang dijemur. Untuk lebih jelasnya semoga kacer cepat mabung ialah sebagai berikut :
  • Krodong Burung Ketika Mabung
Kenapa perlu pengkrodongan pada kacer yang mabung, itu bertujuan agar burung terhindar dari serangga pengganggu dan juga menciptakan burung lebih banyak istirahat. Krodong burung juga bertujuan biar udara didalam menjadi hangat yang menyebabkan pori-pori terbuka sehingga proses rontok bulu akan lebih cepat selesai.
  • Stop EF selama rontok bulu dan Full EF selama tumbuh bulu gres
Kenapa demikian? kita menghentikan pinjaman ekstra fooding ketika burung dalam proses rontok bulu bertujuan semoga burung menjadi lebih membisu dan hening, sedangkan santunan Full EF pada dikala tumbuh bulu supaya bulu baru tumbuh cepat dan sehat.
  • Jangan Dijemur
Menjemur burung yang sedang mabung akan mengakibatkan bulu kusam dan kriting, selain itu proses mabung biasanya akan lebih cepat kalau udara lembab dan dalam keadaan gelap.
  • Jangan didekatkan dan diperlihatkan dengan burung sejenis
Pada dikala mabung jangan pernah memperlihatkan dengan burung sejenis karena burung yang mabung tadi akan kalah mental yang menyebabkan gagal mabung dan juga macet bunyi.
  • Jangan dimandikan
Jangan memandikan burung yang sedang rontok bulu lantaran akan memperlambat proses rontok bulu, jikalau bulu sudah tumbuh baru boleh dimandikan tapi jangan setiap hari.
  • Burung dimaster dengan bunyi burung lain
Proses memaster burung pada ketika mabung biasanya akan lebih cepat masuk karena burung akan lebih fokus mendengarkan dan merekam suara tersebut. Agar cepat masuk baca Cara Memaster Kacer 7 hari 1 isian Fasih
  • Bersihkan kandang
Membersihkan kandang secara rutin agar burung tidak terjangkit penyakit yang disebabkan oleh kotoran yang menumpuk.

Setelah bulu gres tumbuh dengan sempurna burung mampu dijemur secara terpola supaya bulu baru tidak kriting, lakukan rawatan harian semoga burung mampu berkicau kembali seolah-olah sebelum mabung.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Merawat Kacer Poci Mabung 1 Bulan Bulu Rapi kembali"

Posting Komentar