IBX5980432E7F390 Cara sembuhkan snot pada lovebird, Tutorial Alami dan Menggunakan Obat - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Cara sembuhkan snot pada lovebird, Tutorial Alami dan Menggunakan Obat

Burung lovebird rentan sekali dengan sakit mata, bermula dari mata yang basah lalu mulai benjol dan berselaput putih. Penyakit snot pada lovebird dapat disembuhkan tetapi anda harus telaten dan konsisten dalam perawatannya.

Jika anda mengetahui burung anda mengalami gejala senot seperti mata burung basah atau matanya sering ditutup sebelah serta sering menggosokkan serpihan mata pada tangkringan maka langsung berikan perawatan kusus pada burung tersebut dan tempatkan terpisah dari burung lain karena penyakit snot ini mampu menular.

Ibarat manusia yang sedang belekan burung ini juga merasakan cenut-cenut pada kedua matanya yang menimbulkan burung lebih banyak membisu, bila tidak segera diobati maka mampu dipastikan burung akan mati.
Obat snot untuk Lovebird
Lovebird terkena penyakit snot
Sebelum kita membahas tentang cara obati lovebird snot sebaiknya ketahui dahulu apa yang menyebabkan penyakit mata pada burung tersebut. Beberapa hal yang mampu menyebabkan mata lovebird basah dan ujung-ujungnya snot yaitu sebagai berikut :
  • Asap dapur atau pembakaran sampah yang berembus menembus ke dalam sangkar / sangkar, dan mengenai mata burung.
  • Pemilik atau perawat sering merokok di akrab sangkar / sangkar, sehingga asapnya masuk ke dalam sangkar / sangkar.
  • Kotoran burung/ amonia yang menumpuk serta udara yang lembab mengakibatkan mata lembap dan berujung snot.
  • Kebersihan di akrab sangkar / kandang kurang terjaga, sehingga debu, pasir, serbuk, dan benda halus sejenisnya mudah diterbangkan angin hingga masuk ke sangkar / sangkar.
  • Di sekitar sangkar / sangkar terdapat benda-benda yang mempunyai imbas pantul dan kebetulan sering menerpa mata burung. Coba cek apakah ada pantulan cahaya dari beling atau seng di sekitar sangkar / kandang.
  • Setelah dijemur burung langsung dikerodong juga dapat menyebabkan penyakit mata pada burung.
  • Gigitan serangga seperti semut dapat mengakibatkan mata benjol.
Baiklah, setelah mengetahui gejala dan penyebab snot sekarang kita akan bahas tentang cara merawat lovebird yang mengalami sakit radang mata ini. 
  • Tempatkan burung ditempat yang hening dan jauhkan dari burung lain supaya tidak menular.
  • Pastikan kebersihan sangkar
  • Pastikan burung mendapatkan udara segar untuk mempercepat penyembuhan
  • Burung tetap dimandikan setiap pagi hari dengan air daun sirih
  • Burung tetap dijemur tapi jangan lama, 15 menit aku rasa cukup untuk menghangatkan badan
  • Setelah dijemur diangin-anginkan dan dikrodong dengan krodong yang tipis saja biar udara segar mampu masuk dan tidak pengap.
  • Berikan vitamin untuk menjaga kekebalan badan, teladan Eb*d Vit dan Sup*r N untuk mengobati pernafasan.
Obat alami untuk sembuhkan snot lovebird biasanya aku menggunakan Daun Sirih Merah dan juga Bunga Kitolot, untuk penggunaannya adalah sebagai berikut :
  • Daun Sirih Merah, daun sirih merah ini berbeda dengan daun sirih pada biasanya, ruas pada daun sirih ini berwarna merah dan bila diteteskan pada mata rasanya lebih perih daripada daun sirih hijau biasanya. Untuk pengobatannya berikan 7 lembar daun sirih diremas2 dan dicampur dengan air 1 liter, air ini dipakai untuk memandikan burung biar bakteri yang melekat pada burung cepat mati. Daun sirih merah ini juga sudah terbukti khasiatnya sebagai bahan antiseptik yang mampu membunuh bakteri kuman penyakit.
  • Daun Sirih Merah untuk tetes mata burung, untuk membuat tetes mata ini siapkan 3 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci higienis kemudian diremas sampai halus, remasan halus ini bila dipencet akan keluar air yang licin, air itulah yang dipakai untuk obat tetes mata, semoga lovebird cepat sembuh teteskan 3 x 1 hari.
  • Bunga Kitolot, sudah tidak diragukan lagi kasiat bunga kitolot untuk pengobatan mata, mata snot dan katarak pun perlahan sembuh dengan bunga ini. Tutorial pembuatannya seolah-olah daun sirih tadi bunga cukup dicuci dan diteteskan pribadi pada mata burung. Karena rasanya pedih mungkin burung akan mengeluarkan air mata lebih banyak, air mata inilah yang akan membuang kotoran yang ada didalam mata. Jika tidak menemukan daun kitolot disekitar anda kini banyak dijual dikios burung obat tetes mata yang terbuat dari daun kitolot.
  • Mentimun, ambil sebagian mentimun kemudian peras dan teteskan pada mata lovebird yang mengalami tanda-tanda senot. Pada mentimun terdapat anti iritasi yang dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan pada mata.
  • Bawang putih, ambil beberapa siung bawang putih kemudian potong dan taburkan pada bawah sangkar burung. Fungsi bawang putih lebih ke mempercepat penyembuhan pada burung snot, jangan lupa kerodong burung ketika menggunakan bawang putih.
Banyak yang beranggapan bahwa snot terjadi lantaran burung mengalami masalah pernafasan, itu memang betul maka dari itu sudah dijelaskan diatas supaya burung selalu menerima udara segar dan memberikan multi vitamin untuk menjaga kekebalan badannya.
Cara obati lovebird snot dengan obat amoxilin
Obat dalam untuk menyembuhkan snot pada burung lovebird biasanya kita memakai Amoxilin yang sudah dipotong menjadi 4 bagian, untuk tunjangan amoxilin bisa eksklusif diberikan/ dicekok pada ekspresi burung, berikan setiap hari pada pagi hari untuk mengobati snot, berikan selama 7 hai berturut-turut. Amoxilin berfungsi sebagai antibiotik untuk mengatasi nanah berbagai jenis basil seakan-akan abses pada terusan pernafasan yang menjadi awal mula terjadinya penyakit snot.

Obat tetes mata yang sering saya gunakan untuk mempercepat penyembuhan snot pada lovebird dirumah adalah Cendo Xitrol, kenapa aku menentukan obat itu lantaran saya sudah menggunakan pada mata aku sendiri dan jadinya lebih cepat sembuh daripada obat tetes mata lainnya. Sebelum menggunakan obat tetes mata tersebut sebaiknya mata/ sekitar mata burung dikompres dan dibersihkan dengan air hangat sesudah itu baru teteskan 3 tetes saja obat tersebut pada mata burung.

Sendirikan/ karantina burung yang mengalami penyakit snot karena penyakit ini mudah sekalai menular pada burung lain.

Oiya!, jangan lupa berdoa sebelum melakukan pengobatan, anda harus yakin bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya.

Lakukan perawatan diatas secara rutin, jika anda menentukan menggunakan materi alami seolah-olah daun sirih dan bunga kitolot maka lakukan itu saja, jangan dicampur dengan obat tetes mata tadi. Jika kau memilih dengan obat tetes mata untuk sembuhkan snot lovebird maka daun sirih mampu dipakai untuk memandikan burung saja.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara sembuhkan snot pada lovebird, Tutorial Alami dan Menggunakan Obat"

Posting Komentar