IBX5980432E7F390 Cara Meningkatkan Kualitas panggung Burung Perkutut - Kicauan Burung Lovebird Ngekek

Cara Meningkatkan Kualitas panggung Burung Perkutut

Cara Meningkatkan Kualitas panggung Burung Perkutut - Beberapa penggemar perkutut di kawasan Cirebon dan sekitarnya sering memberikan undur-undur kepada burung kelangenannya. Tutorialnya, undur-undur dilolohkan eksklusif ke verbal burung. Tutorial seperti ini pun pernah dilakukan Suganda (45), warga Cirebon yang juga penggemar perkutut, seperti yang ditulisnya dalam sebuah artikel di kompas online.


Cara Meningkatkan Kualitas panggung Burung Perkutut



Menurut Suganda, undur-undur mampu menciptakan bunyi perkutut menjadi lebih merdu. Tak hanya itu, undur-undur juga mampu meningkatkan stamina burung sehingga tidak praktis terkena penyakit. Saya pribadi belum mengetahui secara pasti pengaruh positif maupun negatif dari pinjaman undur-undur hidup terhadap burung perkutut. Jadi, silakan berkonsultasi dulu dengan pakarnya.



Undur-undur terdiri atas dua jenis yang hidup di tempat berbeda. Yang satu hidup di darat, sebagaimana undur-undur yang dimaksud dalam penjelasan sebelumnya. Yang satu lagi hidup di bahari (undur-undur maritim).

Baca juga : Tips penggemar burung perkutut
Keduanya memiliki khasiat yang sama dan mengandung asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang tinggi. Hasil penelitian mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, adalah Dindin Hidayatul Mursyidin, Salahuddin Muhammad, Dian Pribadi Perkasa, Sekendriana, dan Prabowo, menunjukkan bahwa undur-undur laut mengandung lemak total 17,22-21,56 persen.

Adapun kandungan EPA dan DHA sekitar 7,75-14,48 persen lebih tinggi daripada jenis crustacea lain seolah-olah udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting. Jika dirinci, maka kandungan EPA sekitar 6,41-8,43 %, lebih tinggi daripada DHA yang hanya 1,34 – 6,57 %.

Penelitian kelima mahasiswa ini telah dipresentasikan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, undur-undur bisa dikonsumsi eksklusif (dalam bentuk hidup). Namun diperlukan penelitian lebih lanjut ihwal kandungan gizi yang lain, seolah-olah mineral atau protein. Juga mengenai senyawa yang merugikan seolah-olah logam berat dan racun. Selamat mencoba dan supaya bermanfaat.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Meningkatkan Kualitas panggung Burung Perkutut"

Posting Komentar